About

Tujuan Utama dari komunikasi data





Tujuan utama dari komunikasi data adalah mengirimkan data dan informasi dari suatu lokasi / sumber ke tujuan tanpa mengalami kesalahan . definisi tetang tujuan komunikasi data tersebut walaupaun sederhana namun mengandung implikasi yang sangat luas .
kita “ mengirimkan dalam komunikasi data seringkali disebut dengan istilah standar “ transmisi “ . Karena itu dalam proses komunikasi data pasti akan terjdi proses transmisi data. Transmisi data itu sendiri melibat kan banyak aspek anatara lain :
·         Bagaimana cara menstranmisikan data agar di dalam data itu sendiri terdapat kemampuan untuk mempertahan kan diri dari factor pelemahan sinyal . factor gangguan – gangguan eksternal ( noise ) . Terjadinya tumpukan data satu dengan yang lainnya factor kontinuitas pengiriman data .
·         Bagaimana kontribusi dari pengirim ( transmitter ) agar kesalahan penerjemahan data disisi penerima ( receiver ) dapat dikurangi ?
·         Bagaimana karakteristik dari media yang akan diguanakan untuk pengiriman  / mengirimkan data ?
·         Apabila terdapat beberapa terminal sebagai kandidat penerima data . Bagaimana data dapat benar – benar sampai dialamat tujuan seperti yang diinginkan oleh pengirim  ( tidak salah alamat ) ?

Dari uraian diatas , kita dapat melihat bahwa untuk proses “ tranmisi “ saja menuntut adanya cara – cara atau teknologi yang cukup kompeleks. Bertahun – tahun lamanya manusia telah mempelajari dan melakukan riset terhadap peroses tranmisi ini dengan satu tujuan untuk menghasilkan kualitas data dan informasi yang baik disisi penerima.
Kata “ data “ dan “ informasi “ memiliki implikasi teknologi sebagai beriku :
·         Bagaimana data dan di format sedemikian rupa agar dapat dikirimkan melalui media transmisi ?
·         Setelah itu, bagaimana agar data dan informasi tersebut dapat dibaca kembali oleh sipenerima ?
·         Bagaimana data dan informasi dapat di persentasikan sehingga keberadaan data dan informasi tersebut bermanfaat ?

Dari kedua kata kunci yang telah diuraiakan dalam penjelasan terdahulu atau sebelumnya , kita dapat melihat bahwa secara implisit sumber dan tujuan harus mengandung teknologi yang berkualitas agar proses komunikasi data dapat berlangsung dengan baik .

Terakhir adalah uraian tentang kata “ tanpa mengalami kesalahan “ pada depinis tentang komunikasi data . kata ini berarti bahwa data dan informasi yang di terima harus dapat diestimasi , diterjemahkan dengan baik oleh penerima sehingga data tersebut dengan keyakinan yang cukup dapat dianggap sebagai representasi dari data yang dikirimkkan dengan tingkat kesalah sekecil mungkin atau tidak ada kesalahan sama sekali . Karena itu dalam teknik komunikasi data harus mencakup juga kemampuan untuk mendeteksi jiak terjadi kesalahan , setelah itu tindakan apa yang harus dilakukan apabila kesalahan telah terdeteksi ?

Hal – hal di atas secara ringkas berarti bahwa teknik komunikasi data adalah rangkaian perangkat keras dan perangkat lunak yang didalamnya mengandung atauran dan standar yang disetujui oleh setiap pihak agar data dan informasi dapat dikirimkan dan diterima dengan benar .


Dalam paragraph di atas , terdapat kebutuhan bahwa aturan dan standar harus di setujui oleh pihak . hal ini terjadi karena mungkin saja pengirim dan penerima merupakan  system  dan teknologi yang berbeda – beda . teknik komunikasi data harus dapat menjamin agar system yang berbeda – beda tersebut tepat melakukan komunikasi . Karena itu aturan dan standar harus disepakati bersama , sebagai contoh orang indonesia berbahsa Indonesia , orang india berbahasa india . Apabila keduanya dipertemukan tanpa persetujuan pengguna bahsa maka tidak akan terjadi proses komunikasi . Akan tetapi apabila kedua belah pihak telah setuju menggunakan bahsa yang di sepakati atau yang sama yang diketahui oleh dua belah pihak , misalnya memakai bahsa inggris . maka baru lah komunikasi terjadi.

Sekian, mudah mudah bermanfaat

1 comments:

Unknown delete November 10, 2015 at 11:32 AM

thanks gan