About

Wifi

WI-FI ( Wireless Fidelity )





Pada pembahasan Kali ini saya akan mencoba membahasa tentang mengenai WI-FI , mungkin  pada sebelumnya sobat sekalian sudah mengetahui apa yang dimaksuda dengan WI-FI. Ok Langsung saja.

      1.      Pengertian WI-FI
WI-FI atau singkatan dari Wireless Fidelity  Adalah koneksi tanpa kabel atau sebuah jaringan tanpa media kabel yang menggunakan media gelombang radio. Seperti handphone dengan mempergunakan teknologi radio sehingga pemakainya dafat menstransfer data dengan cepat.
WI-FI tidak hanya digunakan untuk mengakses internet saja tetapi WI-FI Juga dapat digunakan untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahan.
Awal nya WI-FI ditujukan untuk penggunaan perangkat Nirkabel dan jaringan AREA LOCAL ( LAN ), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinkan seseorang dengan computer dengan kartu Nirkabel ( Wireles Card ) atau Personal digital Assistant ( PDA ) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses atau yang sering dikenal dengan ( Hotspot ).
      2.      Spesipikasi
WI-FI dirancang berdasarkan spesipikasi IEEE 802.11. Sekarang ini ada empat variasi dari IEEE 802.11. Yaitu :
IEEE 802.11.a  Kecepatan Frekuensi mencapai 54 Mbps 5 GHZ A
IEEE 802.11.b Kecepatan Frekuensi mencapai 11 Mbps 2,4 GHZ B
IEEE 802.11.g Kecepatan Frekuensi mencapai 54 Mbps 2,4 GHZ b,g
IEEE 802.11.n Kecepatan Frekuensi mencapai 100 Mbps 2,4 GHZ b,g,n
Spesipikasi IEEE 802.11.b Merupakan produk yang pertama WI-Fi. Variasi IEEE 802.11.g dan IEEE 802.11.n merupakan salah satu produk yang memiliki penjualan terbanyak Pada 2005.
Secara teknis operasional, WI-FI Merupakan salah satu varian teknologi komunikasi dan informasi yang bekerja pada jaringan dan perangkat WLAN ( Wireless local area network ).  Dengan Kata lain Wi-FI adalah sertifikasi merk dagangan atau nama yang diberikan pada barang pabrikan kepada perangkat telekomunikasi ( internet ) yang bekerja di jaringan WLAN dan sudah memenuhi kualitas kapasitas interoperasi yang dipersaratkan.
Teknologi internet berbasis WI-FI dibuat dan di kembangkan sekelompok insinyur Amerika Serikat yang bekerja pada Institute Of Electrical and Electronis Engineers ( IEEE ) berdasaarkan standar teknis perangkat bernomor 802.11.b , 802.11.a , dan 802.16. perangkat WI-FI sebenarnya tidak hanya mampu bekerja dijaringan WLAN, tetapi juga dijaringan Wireless Metropolitan Area Network ( WMAN ). Karena perangkat dengan setandar teknis 802.11.b diperuntukan bagi perangkat WLAN yang digunakan difrekuensi 2,4 GHZ atau yang lazim disebut Frekuensi ISM ( Industrial Scientific dan Edical ). Sedangkan untuk perangkat yang berstandar teknis 802.11.a dan 802.16 diperuntukan bagi perangkat WMAN atau Juga disebut WI-Max, yang bekerja disekitar pita Frekuensi 5 GHZ.

KELEBIHAN WI-FI
     1.      Kemudahan Akses . ( artinya, para pengguna dalam satu area dapat mengakses internet secaara bersamaan tanpa perlu direpotkan dengan kabel ).
     2.      Pengguna yang ingin internetan atau Browsing dan mencari informasi di internet, pengguna cukup membawa PDA ( Pocket digital Assistance ) atau laptop yang berkemampuan WI-FI dimana terdapat Access Point atau Hotspot.
     3.      Kecepatan access data yang begitu cepat beberapa kali lebih cepat dari pada modem yang berkabel.
     4.      Dapat mengakses di mana pun, asal kan ditempat yang tersedia jangkauan WI-FI tersebut.

KEKURANGAN WI-FI

      1.      Mudah nya dihacking oleh para hacer untuk mencari password pengguna WI-FI, atau menjebol jaringan WI-FI tersebut.


 Semoga Bermanfaat

1 comments:

igan sugandi delete October 27, 2015 at 10:11 AM

bagus dan sangat bermanfaat